Laman

Halaman

PROFILE

SELAYANG PANDANG

Sekolah dasar Islam terpadu AD-DA’WAH merupakah salah satu sekolah swasta yang terletak di Jl. Soekarno Hatta By pass Cibadak Lebak memiiki akreditasi A dan memperoleh peringkat pertama di tingkat kab. Lebak dengan nilai UAN tertinggi pada tahun ajaran 2007-2008
SEJARAH
Pendidikan merupakan kebutuhan fitrah manusia, karena dengan pendidikan manusia mampu membedakan dirinya dengan makhuk lain. Fungsi manusia sebagai khalifah Allah SWT dimuka bumi hanya dapat dicapai dengan memenuhi kebutuhan dasar dirinya. Pemenuhan kebutuhan dasar ini haruslah mencakup tiga aspek yang ada pada diri manusia, yaitu : jasmani, otak/akal, dan rohani. Pendidikan yang benar akan mengarahkan anak didik kepada pengembangan ketiga aspek tersebut. Menyadari pentingnya keseimbangan pendidikan dari semenjak dini, kami memandang perlu menyelenggarakan pendidikan dasar yang dapat memenuhi keinginan diatas. Maka mulai tahun ajaran 2001/2002 dibentuklah lembaga pendidikan dengan nama Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ad-Da’wah yang telah memperoleh ijin operasional dari Dinas Pendidikan dan Kenudayaan Kabupaten Lebak dengan surat No : 420.2/260-Kab/2001 dibawah naungan Jamiyyah Da’wah Islamiyah dengan akte notaris Yusnita Gunawan, S.H No. 6 tanggal 09 Oktober 2000.
VISI DAN MISI
  1. Visi SDIT Ad-Da’wah
    Menjadikan Sekoah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ad-Da’wah sebagai salah satu Sekolah Dasar terbaik dan unggulan serta kebanggaan Islam di Kabupaten Lebak.
  2. Misi SDIT Ad-Da’wah
    • Profesionalisme Da’wah dibidang pendidikan
    • Penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien
    • Membangun pola pendidikan dan pengajaran yang islami dan integratif.
    • Membina dan mewujudkan generasi Qur’ani
DATA PENGAJAR
SDIT AD-DA’WAH memiliki 20 orang tenaga pengajar, dengan pendidikan lulusan S2 sebanyak 1 orang, 2 orang S1, 17 orang tenaga pengajar lainnya sedang melanjutakan pendidikan di S1.
DATA PESERTA DIDIK
SDIT AD-DA’WAH memiliki peserta didik 186 yang terbagi kedalam 6 kelas, yang masing-masing berjumlah sebagai berikut:
Untitled-2
KURIKULUM
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik pada satuan pendidikan dalam kegiatan pembelajaran. Susunan mata pelajaran tersebut terbagi dalam lima kelompok mata pelajaran yaitu:
  1. Pendidikan Agama dan akhlak mulia
  2. Kewarganegaraan dan Kepribadian
  3. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
  4. Estetika
  5. Jasmani, olah raga dan Kesehatan
Struktur kurikulum SDIT AD-DA’WAH meiputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai kelas I sampai dengan kelas VI
Struktur kurikulum SDIT AD-DA’WAH disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut :
  1. Kurikulum SDIT AD-DA”WAH memuat 8 mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri
  2. Substansi mata pelajaran IPA dan IPS merupakan “IPA terpadu ” dan “IPS terpadu”
  3. Pembelajaran pada kelas I s/d III dilaksanakan melalui pendekatan tematik, sedangkan pada kelas IV s/d VI diaksanakan mealui pendekatan mata pelajaran
  4. Alokasi waktu satu jam peajaran adaah 30 menit
  5. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 38 minggu
STRUKTUR KURIKULUM SDIT AD-DA’WAH
struktur-kurikulum
Muatan kurikulum di SDIT AD-DA’WAH
Muatan kurikulum meliputi:

  1. Mata pelajaran
    Mata pelajaran di SDIT AD-DA”WAH terdiri dari 8 mata pelajaran yaitu :
    • Pendidikan Agama
    • Pendidikan kewarganegaraan
    • Bahasa Indonesia
    • Matematika
    • Imu Pengetahuan Alam
    • Imu Pengetahuan Sosial
    • Seni budaya dan Keterampian
    • Pendidikan Jasmani, Olah raga dan Kesehatan
  2. Muatan Lokal
    Muatan lokal di SDIT AD-DA’WAH terdiri atas:
    • Bahasa Sunda
    • Bahasa Inggris
    • Bahasa Arab
  3. Pengembangan diri
    Pengembangan diri di SDIT AD-DA’WAH terdiri atas:
    1. Komputer
    2. Sempoa
    3. Pramuka
    4. Bela diri Tapak Suci
    5. Olah raga:
      • Bulu tangkis
      • Sepak bola
      • Tenis meja
    6. Bahasa:
      • Bahasa Indonesia
      • Bahasa inggris
      • Bahasa Arab
    7. Pengaturan Beban belajar
      Pengaturan beban belajar di SDIT AD-DA’WAH sebagai berikut :
      Untitled-3
    8. Kenaikan kelas
      Kenaikan kelas diaksanakan pada setiap akhir tahun ajaran. Kriteria kenaikan keas diatur oeh masing-masing direktorat teknis terkait.
      • Kriteria kenaikan kelas
        1. Nilai rapor diambi dari nilai pengamatan, nilai harian, nilai tugas / PR, nilai tengah semester dan nilai tes akhir semester dijumlahkan untuk mencari nilai rata-rata setiap siswa dalam satu mata pelajaran yang sesuai dengan KKM SDIT AD-DA’WAH.
        2. Memiliki rapor dikelasnya masing-masing
      • Penentuan kenaikan kelas
        1. Penentuan siswa yang naik kelas dilakukan oleh sekolah dalam suatu rapat dewan dengan mempertimbangkan KKM, sikap / penilaian / budi pekerti dan kehadiran siswa yang bersangkutan.
        2. Siswa yang dinyatakan naik kelas, rapornya ditulis naik kelas.
        3. Siswa yang tidak naik kelas harus mengulang dikelasnya.
      • Kelulusan
        Sesuai dengan ketentuan PP No. 19/2005 pasal 72 ayat (1), peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah :
        1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
        2. Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelejaran agama dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika dan kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga dan kesehatan
        3. Lulus ujian sekoah / madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
        4. Lulus ujian nasional
      • Penentuan Kelulusan
        1. Kriteria Kelulusan
          Hasil ujian dituangkan ke dalam blanko daftar nilai ujian. Hasil ujian dimanfaatkan sebagai bahan pertimbangan sekolah untuk penentuan kelulusan dengan kriteria sebagai berikut :
          • Memiliki rapor kelas VI
          • Telah mengikuti ujian sekolah dan memiliki niai untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan, minimal nilai masing-masing mata pelajaran 6.0
        2. Penentuan Kelulusan
          • Penentuan siswa yang lulus dilakukan oleh sekolah masing-masing dalam suatu rapat dewan guru dengan mempertimbangkan nilai rapor, nilai ujian sekolah, sikap / perilaku / budi pekerti siswa yang bersangkutan dan memenuhi kriteria kelulusan.
          • Siswa yang dinyatakan lulus diberi ijazah dan rapor sampai dengan semester 2 kelas VI sekolah Dasar
          • Siswa yang tidak memperoleh ijazah, mengulang di kelas terakhir
      • Pendidikan Kecakapan Hidup
        Pendidikan kecakapan hidup di SDIT AD-DA’WAH adalah :
        1. Komputer
        2. Sempoa
        3. Pramuka
        4. Bela diri Tapak suci
        5. Oah raga
        6. Bahasa
    EKSTRAKURIKULER
    1. PESANTREN RAMADHAN (SANLAT)
      Untuk menambah amal ibadah agar berlipat ganda, apalagi dalam bulan Rmadhan yang mana bulan tersebut adalah bulan yang paling mulia dibandingkan bulan-bulan lainnya dengan perbandingan seribu (1000) kemuliaan/bulan. Maka untuk memperkenalkan pada anak didik kita, kami mengadakan pesantren Ramadhan (SANLAT) yang didalamnya banyak sekali kegiatan-kegiatan yang berhubungan erat dengan Ramadhan, seperti:
      • Evaluasi Tajwid
      • Tadarus dan Tahfidz
      • Do’a ma’tsurat
      • Kultum/Tausiyah
      • Cerdas cermat
      • Baksos
      dan lain-lain
    2. PRAMUKA
      Untuk mempersiapkan kemandirian dan kecakapan Siswa-siswi SDIT diadakan Ekstrakurikuer Pramuka, juga untuk menanamkan rasa soiidaritas antar sesama
    3. RIHLAH
      Rihlah / rekreasi merupakan bagian dari acara tahunan SDIT Ad-Da’wah. Acara tersebut dimaksudkan untuk mempererat tali silaturahmi antara orang tua, guru dan siswa-siswi, sekaligus refreshing bagi siswa-siswi.
    4. Bela diri Tapak Suci
    5. Bahasa
      Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa terutama bahasa Arab dan bahasa Inggris.
    6. Berkuda
    FASILITAS
    SDIT AD -DA”WAH memiiki ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang layanan bimbingan dan konseling, ruang tamu, ruang UKS/UKM, ruang media dan alat bantu PBM, ruang/pos keamanan, gudang, kantin sekolah/madrasah, halaman sekolah, 10 ruangan kelas dan dilengkapi lab. Komputer dan lab IPA.